Tips Membuat Logo Versi 89 Lab Design

Ada banyak perusahaan yang terkenal (tidak harus menyebutkan nama perusahaannya) tapi begitu melihat bentuk logonya orang lain akan dengan mudah mengenali dan pasti bilang “ini punyanya si brand A”. Contoh nyatanya NIKE, logonya simpel hanya gambar ceklis (swoosh) saja. Nah justru disanalah ilmu seni dan marketing mereka gabungkan. Dari sisi seni mereka ingin logonya yang simpel tapi unik. Jika dari sisi marketing mereka menginginkan sesuatu yang mudah diingat oleh semua orang. Sebetulnya ada banyak jenis logo yang bisa kita gunakan ada pictoral, emblem, wordmark, maskot dan masih banyak lagi. Selain itu logo merupakan simbol adanya perusahaan atau komunitas anda. 

jadi agar tidak salah dalam membuat logo ini dia tips dari kami :

1.Logo Harus Mudah Dikenali Bentuknya

Buatlah logo yang mudah diingat dan dikenali orang lain walaupun hanya sepintas melihatnya. Lihatlah brand-brand terkenal dunia, mereka membuat logo itu terlihat simpel, unik tapi tidak meinggalkan keindahannya dan tidak meninggalkan kesan “siapa mereka” didalamnya. Untuk font, pilihlah yang mudah dibaca dan jangan gunakan jenis tulisan yang pecah, rusak, atau tipis. Itu menyebabkan tulisan tidak akan terbaca dengan jelas apalagi kalau dilihat sepintas.

2.Logo Dapat Digunakan Dimedia Apapun

Ini terkadang dilupakan oleh desainer grafis. Logo dan warnanya sudah terlihat bagus tapi tidak bisa dibuat dalam bentuk warna hitam putih untuk keperluan lainnya. Kalau bisa buatlah logo yang bisa digunakan juga walau warnanya hanya hitam putih tanpa meninggalkan keindahan logo tersebut dan filosofinya. Logo juga harus fleksibel, bisa dicetak di kop surat, kaos, atau keperluan lainnya. Maka pilihlah warna yang bisa sinkron dengan semua itu. Tapi ingat ya, jangan asal pilih warna juga lho.

3.Logo Harus Memiliki Filosofi

Jangan asal membuat logo. Logo merupakan identitas perusahaan maka harus memiliki filosofi dan arti yang mewakili perusahaan, usaha, atau komunitas anda. Harus ada cerita menarik dibalik berdirinya logo maupun perusahaan anda. Apalagi jika perusahaan anda berdiri dan maju berkembang dengan perjuangan yang extra pada saat awal dibangun.

4.Logo Harus Abadi

Logo yang memiliki filosofi dan karakter yang kuat tentu  tidak akan ketinggalan jaman meskipun jaman sudah lebih maju dan berkembang. Buatlah Logo untuk jangka panjang, jika perlu jangan sering diganti. Ingat logo NIKE yang hanya gambar ceklis saja? Nah sejak meluncurnya logo itu (SWOOSH) NIKE inc tidak banyak melakukan perubahan logo masih sama seperti itu dari dulu. Dan yang hanya mereka ingin tampilkan logo SWOOSH nya itu yang mendunia. Begitu lihat logo SWOOSH itu kita langsung mengetahui kalo itu pasti merknya NIKE walaupun tanpa ada tulisan NIKE nya.

5.Pilih Warna Yang Sesuai

Warna favorit anda belum tentu cocok untuk logo, maka dari itu untuk urusan memilih warna logo harap hilangkan sementara sifat egois anda. Pilihlah warna yang sesuai yang akan membuat logo terlihat eye cathing dan professional. Jangan terlalu menggunakan banyak warna yang berbeda-beda, nanti kelihatan kurang simple dan terkesan murahan karena warnanya terlalu ramai.

Sekian tips dari kami hari ini.

Selamat menjalankan Ibadah puasa bagi anda yang menjalankannya ya :D