Kenapa iklan diulang ulang?

Kembali ke postingan saya kemarin mengenai kenapa iklan Indomie diulang-ulang?

 

Padahal kita sudah tahu jika Indomie itu jualan mie instant. Dan mie instantnya enak. Legend. Semua orang suka. Tanpa dipromosikan pun kita bakal tahu. Tanpa diulangi di iklan pun kita juga nggak bakal ketuker kalau Indomie itu jualan mie. Bukan tepung beras. Karena tepung beras sudah kecap sama Rose Brand.

 

Eh… tapi pernahkah kalian tahu jika ternyata tidak melakukan Brand Activation. Alias mengingatkan brand kita kepada pelanggan bisa berdampak pada bisnis kita? Nggak percaya? Yuk kita bahas….

 

 

Kalian pasti familiar dengan istilah “Odol”. Dalam kamus kita odol merupakan kata lain dari pasta gigi. Daaaan… kalau kita dengar odol. Apa yang terngiang-ngiang di dalam benak kita?

Pepsodent!

 

Yup… benar sekali. Pepsodent sudah sangat merajai pasar sehingga menggeser kedudukan dari Odol itu sendiri. Tapi apakah kalian tahu kalau sebenarnya Odol merupakan sebuah brand jaman dulu untuk pasta gigi?

 

Yup odol merupakan benchmark untuk pasta gigi. Karena dulu Odol tidak memiliki saingan sama sekali. Orang sampai lupa dengan nama asli produknya dan menyebut pasta gigi tersebut menggunakan brandnya. Yaitu Odol.

 

Sama seperti Indomie tadi. Orang sudah tahu kalau yang mereka makan adalah mie instant. Tapi karena mereka terlalu familiar dengan namanya. Mereka menyebut mie instant sebagai Indomie.

 

Nah perbedaan disini adalah si Odol tadi sudah tertimpa oleh merek Pepsodent. Kenapa? Karena Pepsodent melakukan Activation Brand lebih bagus daripada Odol. Sehingga Odol tersebut kalah bersaing. Meskipun nama Odol sudah terkenal. Orang tidak mengingat Odol sebagai pasta gigi. Tapi mengingat Pepsodent sebagai ganti Odol.

 

Indomie yang cerdas tidak ingin mengalami hal yang sama dengan Odol. Maka dari itu dia melakukan kampanye untuk mengaktifkan brand nya terus menerus agar orang terus kenal dengan Indomie. Agar Indomie tetap mendapatkan jatah di ingatan masyarakat dan tidak tersaingi oleh merek yang lain.

 

Jadi jika banyak produk lama yang melakukan iklan terus menerus. Tujuannya buat apa? Buat membentuk alam bawah sadar kita sehingga terhipnotis bahwa mie instant ya Indomie.

 

:D