Apa gunanya tagline?

Logo tanpa tagline boleh?

Boleh aja kok. Asalkan logonya sudah memorable lho ya…. Tapi kira-kira apa saja hal fatal yang akan kita terimaa jika kita melupakan tagline di dalam logo kita?

Yuk cek artikel berikut…

 

 

 

1. Membantu Menerjemahkan

Apa yang terjadi jika logo tanpa tagline? Uhm… oke deh. Agak susah ya ngebayanginnya.

Coba kita mulai dengan tagline yang familiar.

 

Kopi Kapal Api – Jagonya Kopi

Permen Nano-Nano.. Manis Asem Rasanya…

 

 

Nah… dengan adanya tagline. Orang langsung tahu dengan produk yang ditawarkan. Selain itu orang jadi mudah mengingat dengan produk yang ditawarkan. Tanpa tagline. Orang agak susah untuk mengingatnya. Apalagi jika logo tersebut hanya simbol. Makin bingung deh.

 

 

2. Membuat Konsumen loyal

Selain membuat konsumen paham dengan produk kita. Tagline juga bisa membuat orang merasa memiliki produknya misal taglinenya

 

Kacang Garuda – Ini kacangku..

Indomie… seleraku…

McD – I am lovin it

 

Dengan tagline seperti itu orang merasa memiliki brand tersebut. Orang yang sudah merasa brand nya milik bersama. Akan susah untuk disaingi oleh pesaingnya. Biasanya tagline yang seperti ini digunakan oleh brand primer yang susah untuk ditandingi.

 

 

3. Menyelesaikan Masalah

Nah… hal yang unik lainnya. Tagline ini dibuat untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi konsumen. Tagline digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti ini. Contohnya ada banyak sekali. Misalnya….

 

Ambil saja Kopiko…

Nggak fokus? Minum Aqua

Mentos… the fresh maker

Coca cola – Open Happiness

 

Dengan memecahkan masalah. Orang jadi mudah menemukan solusi saat mendengar tagline tersebut. Misalnya saat kita sedang tidak fokus. Minum Aqua.

Padahal kalau dipikir-pikir kan kenapa harus minum Aqua. Padahal itu kan air mineral biasa? Nah… dari sini mulai kita menceritakan manfaat dari produk. Seringkali alasan yang ketiga ini nggak nyambung sama sekali dengan produknya. Tapi toh dengan iklan yang merubah persepsi orang. Orang menerimanya dengan ok ok saja tanpa ada masalah. :)

 

Sekian dari kami. Ditunggu artikel berikutnya ya. :D